Blog Detail Page

Mengulas tentang istilah berdiferensiasi dalam pembelajaran

Image

Definisi Pembelajaran Diferensiasi


Istilah ini muncul pada kurikulum merdeka sekarang. Dari segi pengertian pembelajaran diferensiasi sendiri adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai minat, profil pelajar atau gaya belajar, dan kesiapan belajar siswa.


Konsep pembelajaran


Sederhananya adalah:

Diawal pembelajaran kita diharuskan melaksanakan pemetaan kebutuhan siswa terlebih dahulu yang tujuannya untuk pengelompokan pada diferensi proses, konten materi pada diferesiasi konten, atau pemberian tugas sesuai dengan tingkat kemampuan siswa pada diferensiasi produk. Karena pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centris), siswa diharuskan ada kegiatan kolaboratif dalam diskusi makanya menekankan dalam modul ajar bisa menggunakan modelnya PBL atau PJBL.


Misalnya kita ingin ada pengelompokan, pengelompokan ini ternyata tidak sembarang. Tujuan kita dalam pembelajaran diferensiasi ini adalah memenuhi kebutuhan siswa sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka.


Maka diawal sebelum pembelajaran kita sebagai fasilitator bisa memberi kuisoner berupa pemetaan minat belajar siswa, sukanya pada tema apa misalnya olahraga, sains dan teknologi, seni, pendidikan, sosial, kesehatan dll. Maka bisa dikelompokanlah siswa dengan minat yang sama. Karena nanti tugasnya akan berbeda berhubungan dengan tema yang dipilih. Ini masuk kedalam asesmen awal atau tes diagnostik non kognitif.


Atau dalam pengelompokan kita sebagai fasilitator bisa melakukan pemetaan sesuai dengan kesiapan belajar siswa. Maka dengan adanya asesmen awal ini, siswa dikasih tes awal untuk mengetahui kesiapan belajar mereka. Maka bisa dikelompokanlan siswa dengan kategori belum memahami dan sudah memahami. Ternyata kita gak bisa memaksakan siswa yang belum memahami dikasih tugas yang sama dengan yang sudah memahami, dengan demikian dikasihlah LKPD yang berbeda. Tes ini masuk kedalam asesmen awal atau tes diagnostik kognitif


Atau dari segi konten materi, siswa sangat beragam kemampuan ada yang cermat dan cepat memahami dengan cara mendengar, melihat, atau merasakan sendiri sesuai dengan gaya belajar atau profil belajar mereka. Maka bisa dikasih plihanlah kuisoner siapa-siapa sajakah siswa yang menyukai konten materi dengan visual, auditory, atau kinestetik istilah lainnya gambar, video, teks, rekaman, maka kita sebagai fasilitator bisa menyesuaikan materi yang kita sampaikan seusai dengan kebutuhan siswa ini.


Penulis : Indra Purnama, S.Pd

SMK Az-Zarkasyih

Terbentuknya lulusan yang berprofil pelajar pancasila, kompetitif, inovatif, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, serta budaya peduli lingkungan.

SMK Az-Zarkasyih

Mendidik dengan sepenuh hati untuk menciptakan lulusan yang berakhlakul karimah

Informasi Sekolah

Alamat

Jl. Rd. H. Mulya RT. 01 RW. 02, Pusakasari, Kec. Leles, Kab. Cianjur Prov. Jawa Barat

Email

smk.azzarkasyih@gmail.com

Telepon

081572343466

Newsletter

© SMK Az-Zarkasyih. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex Distributed By: ThemeWagon